Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyalakan Hp Samsung Baterai Tanam Yang Mati Total

8Cara.com - Apakah Anda pernah mengalami masalah di mana HP Samsung tiba-tiba mati karena baterai tanamnya habis? Tenang, di sini kami sajikan tutorial untuk menghidupkan kembali perangkat Samsung Anda yang mati.

Baca juga : Cara Mengatasi Ghost Touch pada Smartphone

Permasalahan Baterai Tanam pada HP Samsung

Seiring berjalannya waktu, perusahaan smartphone kian mengadopsi baterai tanam pada produk-produk terbaru mereka. Inovasi ini dirancang untuk memperoleh desain yang lebih ramping dan menawan. Namun, baterai tanam juga berpotensi menimbulkan kendala ketika baterainya benar-benar habis dan HP tak mau menyala.

Cara Menyalakan Hp Samsung Baterai Tanam Yang Mati Total

Cara Menyalakan Hp Samsung Baterai Tanam Yang Mati Total

Sejumlah model HP Samsung yang menerapkan baterai tanam termasuk seri Samsung Galaxy S6, S7, S8, S9, dan S10. Bagi Anda yang mengalami kejadian baterai habis total pada salah satu dari model tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: 

1. Mengisi Daya HP Samsung

Jika HP Samsung Anda mati total karena baterai tanam yang habis, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengisi daya baterainya. Meskipun baterai tanam tidak dapat dilepas, Anda tetap bisa mengisi daya melalui port USB atau charger yang terhubung ke HP.

  • Sambungkan charger asli Samsung ke HP dan sumber listrik.
  • Pastikan penggunaan charger asli untuk mencegah kerusakan pada baterai atau perangkat.
  • Biarkan HP terhubung dengan charger minimal 10 menit untuk mengisi daya baterai.

Jika setelah diisi daya selama minimal 10 menit HP masih tidak menyala, lanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Tekan Tombol Power dan Volume Down

Metode berikutnya melibatkan penekanan tombol power dan volume down secara bersamaan. Langkah ini bisa membantu memulihkan sistem HP Samsung Anda.

Langkah ini berbeda dari cara menyalakan HP dengan baterai yang bisa dilepas yang memerlukan pengelepasan baterai terlebih dahulu. Untuk baterai tanam, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol power serta volume down secara bersamaan selama minimal 7 detik.
  • Lepaskan kedua tombol setelah 7 detik.
  • HP Samsung akan melakukan restart dan menampilkan logo Samsung di layar.
  • Tunggu beberapa saat hingga HP menyala sepenuhnya.

Jika setelah mencoba langkah ini HP Anda masih tidak menyala, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Tekan Tombol Power, Volume Up, dan Home

Jika langkah sebelumnya belum berhasil menghidupkan HP Samsung Anda yang mati total karena baterai tanam, ada langkah terakhir yang bisa dicoba. Tekan tombol power, volume up, dan home secara bersamaan untuk memungkinkan sistem HP Samsung Anda mengembalikan fungsinya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan dan tahan tombol power, volume up, dan home secara bersamaan selama minimal 10 detik.
  • Setelah 10 detik, lepaskan ketiga tombol tersebut.
  • HP Samsung akan melakukan restart dan logo Samsung akan muncul di layar.
  • Tunggu beberapa saat hingga HP Samsung menyala sepenuhnya.

Jika setelah mencoba langkah ini HP Anda masih tidak menyala, mungkin terdapat masalah lebih dalam pada baterai atau sistem HP Anda. Disarankan untuk membawa HP Samsung Anda ke service center resmi Samsung guna pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut. Semoga masalahnya dapat segera teratasi.

Kesimpulan

Baterai tanam pada HP Samsung dapat menjadi masalah bagi kita jika baterai habis dan HP tidak dapat dinyalakan. Namun, dengan mengikuti cara-cara di atas, Anda dapat kembali menyalakan HP Samsung yang mati total karena baterai tanam dengan mudah. Jika HP Samsung Anda masih tidak dapat menyala setelah mencoba cara-cara diatas, sebaiknya bawa HP Samsung Anda ke service center resmi milik Samsung untuk diperiksa dan diperbaiki.

Baca juga : Cara Mengatasi Bluetooth Tidak Bisa Diaktifkan