Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau' di Google Chrome

8Cara.com - Menghadapi notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau' saat menggunakan Chrome di perangkat Android bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Namun, ada beberapa langkah sederhana yang bisa diambil untuk mengatasi masalah ini tanpa harus khawatir berlebihan.

Cara Mengatasi 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau' di Google Chrome

Browser Chrome umumnya menjadi aplikasi default pada perangkat Android, namun terkadang pengguna dapat mengalami kendala seperti peringatan 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau'  karena berbagai penyebab yang mungkin terjadi.

Untuk mengatasi peringatan ini, berikut adalah beberapa langkah untuk mengatasi "Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau" yang bisa dicoba oleh pengguna.

Cara Mengatasi 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau' di Google Chrome Android

Cara Mengatasi 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau' di Google Chrome Android

Untuk mengatasi masalah 'Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau' pada Google Chrome, kalian bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android Lemot Tanpa Root

Reload atau Muat Ulang Halaman

Salah satu langkah pertama yang umum dilakukan ketika Chrome di Android menampilkan notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau' adalah dengan melakukan reload atau muat ulang halaman tersebut.

Ketika Anda mengakses sebuah situs di Chrome dan muncul notifikasi bahwa situs tidak dapat dijangkau, seringkali terdapat tombol reload atau muat ulang yang sudah tersedia bersama dengan pemberitahuan tersebut. Pengguna dapat langsung mengeklik atau menyentuh tombol tersebut untuk mencoba memuat ulang halaman.

Periksa Koneksi Internet

Koneksi jaringan internet adalah hal yang vital dalam membuka situs di peramban Chrome pada Android. Ketika mengalami kesulitan mengakses situs dan muncul notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau', kemungkinan terjadi gangguan pada koneksi internet yang sedang digunakan.

Untuk memeriksa koneksi internet, cobalah membuka situs lain seperti YouTube atau platform lainnya. Jika situs-situs lain juga tidak dapat diakses, ini mengindikasikan adanya masalah pada koneksi internet yang digunakan saat itu.

Coba beralih antara koneksi seluler dan koneksi Wi-Fi, jika tersedia. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah jika kesulitan akses situs terjadi akibat masalah pada salah satu koneksi.

Hapus Cache dan History

Penumpukan cache dan riwayat unduhan seringkali dapat menyebabkan Chrome kesulitan membuka situs dengan lancar. Salah satu cara mengatasi notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau' di Chrome Android adalah dengan menghapus cache dan riwayat unduhan pada peramban Chrome di perangkat Android.

Langkahnya cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di pojok kanan atas peramban Chrome, klik icon titik tiga.
  • Pilih 'Clear browsing data'.
  • Untuk menghapus semua, tekan 'Clear data'. Jika ingin menyesuaikan penghapusan, pengguna dapat meng-klik 'More options' untuk melakukan kustomisasi penghapusan.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan pengguna dapat membersihkan cache dan riwayat unduhan yang mungkin mengganggu akses situs di Chrome Android.

Gunakan Mode Incognito

Fitur mode incognito atau mode penyamaran pada Chrome dapat menjadi solusi saat menghadapi notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau'. Mode ini memungkinkan pengguna untuk menjelajah situs secara anonim, mungkin membantu mengatasi kendala akses situs di Chrome.

Cara untuk mengaksesnya sangatlah mudah:

  • klik icon titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  • Pilih 'New incognito tab'.
  • Chrome akan membuka tab baru dalam mode incognito di mana pengguna dapat memasukkan kembali alamat situs yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Dengan menggunakan fitur mode incognito, pengguna dapat mencoba membuka situs tanpa menggunakan informasi atau riwayat dari sesi sebelumnya, yang mungkin dapat membantu mengatasi kendala akses pada Chrome.

Kelola Jumlah Tab dan Aplikasi yang Dibuka

Terlalu banyak tab yang terbuka dapat menghambat kinerja Chrome dalam membuka situs lainnya. Ketika muncul notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau', sebaiknya cek jumlah tab yang aktif dan tutup satu per satu untuk mengurangi beban pada peramban.

Selain itu, kelebihan aplikasi yang berjalan dapat membebani RAM pada perangkat, menghambat kinerja Chrome dalam mengeksekusi perintah untuk membuka situs baru. Pastikan untuk mengecek jumlah aplikasi yang masih terbuka dan bersihkan yang tidak perlu untuk membebaskan sumber daya perangkat Anda sebelum mencoba membuka kembali situs di Chrome.

Baca juga : Cara Melihat Daftar Pengguna WiFi IndiHome yang Terhubung

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, melakukan restart pada perangkat Android bisa menjadi solusi terakhir yang efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, diharapkan pengguna dapat mengatasi notifikasi 'situs ini tidak dapat dijangkau' dengan lebih mudah dan lancar pada Chrome di perangkat Android mereka.